Sunday, May 29, 2005

Surat Bambang Haryanto Untuk Indro Warkop DKI

Wonogiri, 29 Mei 2005


Yth. Mas Indro Warkop DKI,


MAS DONO ALMARHUM ADALAH FENOMENA LANGKA dalam dunia komedi Indonesia. Anda, Mas Indro, pasti menjadi saksi untuk semua keistimewaan Mas Dono itu. Selain sebagai intelektual, termasuk ketika menjadi dosen di FISIP UI, Mas Dono juga penulis. Jarang sekali ada komedian kita yang juga penulis. Mas Dono tidak hanya menulis novel, tetapi juga buku-buku kumpulan humor, serta artikel-artikel di koran Kompas yang bergengsi.

Salah satu isi tulisan Mas Dono di Harian Kompas, telah saya kutip dalam artikel terlampir. Yaitu ketika Mas Dono mengeluh, “Membuat lucuan yang benar-benar lucu saja setengah mati. Kondisi lawak di Indonesia saat ini : ia adalah pemikir, penulis, penampil, sekaligus pengurus keuangan...Bagaimana bisa selalu prima ?” (Kompas, 22/3/1996).


MERUJUK HAL DI ATAS, dan terutama ketika saat ini Mas Indro menjabat sebagai Ketua Umum PASKI, mudah-mudahan keluhan Mas Dono itu mampu menjadi salah satu ilham bagi Anda dalam mengisi makna kepemimpinan Anda sebagai Ketua Umum PASKI. Hemat saya, seperti juga pernah diusulkan oleh pekerja seni/intelektual dan mantan wartawan Kompas, Sudjiwo Tedjo, bahwa komunitas komedi kita memerlukan suntikan dari para intelektual. Ia usulkan sejak para ahli psikologi sampai ahli bahasa.

Saya sendiri, dalam upaya ikut urun rembug bagi kemajuan komunitas dunia komedi Indonesia, adalah dengan memajang aneka tulisan saya di situs Komedikus Erektus ! (http://komedian.blogspot.com). Salah satu tulisan yang terbaru isinya mendiskusikan disonansi kognitif sebagai formula menciptakan lawakan.


DISKUSI SEPUTAR DISONANSI KOGNITIF itu dimunculkan oleh Prof. Sarlito Wirawan Sarwono, Guru Besar Fakultas. Psikologi UI, dalam email yang beliau kirimkan kepada saya. Kami tak jarang berbagi SMS atau email sejak beliau menjadi salah satu juri Mandom Resolution Award (MRA) 2004 di Jakarta (Nopember 2004), di mana saya ikut dan menjadi salah satu pemenangnya. MRA 2004 ini bukan lomba lawakan, tetapi lomba mencanangkan resolusi dan pencapaiannya.

Begitulah, sementara ini sekian dulu obrolan saya. Terlampir saya kirimkan fotokopi artikel saya (“Dicari, Penulis Naskah Komedi”, yang dimuat di harian Solopos, 29 Mei 2005). Semoga ada manfaatnya bagi Anda dan juga bagi PASKI yang Anda pimpin.

Sukses untuk komunitas komedi Indonesia !


Hormat saya,


Bambang Haryanto
Jl. Kajen Timur 72 Wonogiri 57612
Situs KE : http://komedian.blogspot.com
Situs EI : http://episto.blogspot.com
Email : humorliner@yahoo.com
HP : +6281 329306300

No comments:

Post a Comment